Tips Untuk Blogger Pemula Agar Dapat Penghasilan

07.40
Tips Ngeblog untuk Pemula Yang Ingin Dapat Penghasilan dari Internet

8 Tips Rahasia Blogger Pemula Agar Sukses
Siapa saja dapat menjadi seorang blogger yang sukses, namun untuk Anda yang belum pernah mengenal tentang dunia blogger ini, tentu ada berbagai macam hal yang harus Anda pelajari dengan baik tentang dunia tersebut.

Walaupun di internet ada cukup banyak artikel atau tutorial mengenai dunia blogger, akan tetapi tetap saja para blogger pemula, cenderung merasa bingung apa yang harus dilakukan untuk pertama kali. Hingga akhirnya banyak dari mereka yang putus asa dan berhenti ngeblog.

Dari mana harus memulai?
Memulai ngeblog itu sebenarnya sangatlah mudah, tapi kebanyakan orang dibuat bingung oleh dirinya sendiri. Dalam artikel ini dicoba menjelaskan tips blog, langkah-langkah yang tentunya harus blogger pemula lakukan ketika memasuki dunia blogger ini. Bagaimana cara memulai, apa yang harus dipelajari, dan hal-hal lainnya. Sehingga sebagai blogger pemula memiliki pengetahuan untuk menjadi blogger yang sukses.

Lalu, Bagaimana Tips memulai blogging bagi pemula?
Berbagai tujuan seseorang membuat blog, namun kebanyakan hal yang paling utamanya adalah ingin menjadi blogger sukses dan menghasilkan banyak uang. Nah, Benarkah blog dapat menghasilkan uang? Tentu saja hal ini benar, sudah banyak orang yang sukses baik di dalam negeri, apatah lagi yang di luar negeri. Tentunya tidak mungkin banyak orang yang rela menulis berbagai macam artikel, tanpa tujuan yang jelas. Berikut ini adalah tips untuk Anda yang ingin menjadi blogger yang sukses.

1. Tentukan Tujuan
Menetapkan tujuan ngeblog itu sangat penting. Apakah Anda terjun ke dunia blogger ini hanya sekedar hobby, ingin menghasilkan uang, atau hal-hal lainnya. Jika kita tidak memiliki tujuan maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita. Ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

Dengan adanya tujuan yang jelas dan terarah, Anda akan memiliki motivasi untuk mengembangkan blog Anda tersebut. Untuk menjadi blogger yang terkenal dan sukses, maka Anda harus konsisten dan tekun, membuat dan merawat blog tersebut. Berikutnya tentukan topik untuk blog tersebut.

2. Tentukan Topik
Topik apa yang sebaiknya Anda pilih ? Pilihlah topik yang benar-benar Anda minati sesuai dengan hobi atau keahlian Anda. Jika anda memilih topik yang sobat sendiri tidak begitu suka, maka blog Anda tidak akan bertahan lama. Topik ini adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak Anda sampaikan, atau orang mengenalnya dengan topik pembicaraan.

Sebaiknya memilih topik yang dikuasai, seperti ketika Anda menyukai dunia teknologi informasi. Sebaiknya buat topik yang berkaitan dengan teknologi informasi itu, review produk teknologi informasi, misalnya komputer, HP, dll. Untuk contoh Anda bisa lihat situs-situs teknologi informasi Indonesia bagaimana mereka membuat konten. Begitu pun jika Anda mampu dalam hal-hal lainnya. Fokuslah pada topik yang sedang Anda buat tersebut, dengan demikian orang akan mudah mencari apa yang mereka butuhkan.

3. Pilih Layanan Blog dan Template Yang Dinamis
Banyak sekali layanan yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, mywapblog.com, dan lain-lain. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan pertama. Sebab, selain gratis, blogger.com sangat mudah digunakan (user friendly) untuk pemula. Silakan baca artikel: Membuat Blog Untuk Pemula.

Gunakan Template Yang Dianmis
Setelah Anda memilih layanan blog yang pas, maka berikutnya adalah memilih template yang dinamis, dan cocok untuk blog yang sedang dibuat tersebut. Perhatikan juga apakah template tersebut memiliki berbagai unsur yang ramah untuk mesin pencari alias seo friendly. Anda tidak perlu merasa bingung, karena saat ini ada banyak sekali template gratisan yang dapat Anda pilih.

Ingat, Apabila sudah memiliki blog, berikutnya daftarkan URL blog Anda tersebut ke mesin pencari. Tujuannya tidak lain adalah, blog yang Anda miliki segera dikenali oleh mesin pencari.

4. Mulai menulis
Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar membuat sebuah artikel. Jika sudah memiliki blog maka yang paling penting adalah mengisi blog dengan tulisan. Mulailah menulis apa saja yang ingin tulis sesuai dengan topik yang sudah ditentukan. Anda harus belajar bagaimana menyusun kata dengan baik, agar mudah dan nyaman dibaca.

Apa yang harus ditulis? Menulislah yang berkaitan dengan blog yang sedang Anda buat tersebut. Anda juga perlu belajar mencari judul yang paling banyak dicari di google (boleh memakai google trends). Kemudian buat tulisan yang baik, dan nyaman untuk dibaca.

5. Publikasikan Tulisan Anda
Hal apa yang harus dilakukan ketika artikel selesai ditulis? Yang harus dilakukan adalah mensubmit artikel Anda ke mesin pencari (search engine). Dan juga mempromosikan konten/tulisan tersebut. Ada 2 cara promosi konten yang dapat dilakukan, agar artikel Anda dikenal orang yaitu dengan cara online atau offline. Cara offline adalah dengan mencantumkan alamat blog Anda di berbagai brosur atau hal lainnya. Sedangkan cara online adalah dengan menggunakan berbagai media sosial yang Anda miliki. Misalnya Facebook, Instagram, dan lain-lain. Tujuan dari promosi ini adalah agar blog atau konten yang Anda miliki ini banyak diketahui dan dikunjungi oleh pembaca.

6. Pelajari Search Engine Optimization (SEO)
Apa itu SEO? SEO adalah sebuah cara yang harus Anda lakukan agar artikel Anda mudah didapat/ditemukan. Mengapa harus belajar SEO? Karena dengan mengetahui SEO yang baik, maka artikel/konten blog Anda akan mudah ditemukan pada mesin pencari (search engine) seperti google, yang tentunya visitor/pengunjung akan mudah datang ke blog Anda.

7. Pelajari cara mendapatkan uang dari Internet
Dengan semakin banyaknya visitor atau pengunjung ke blog Anda, maka Anda akan mudah menghasilkan uang. Karena dengan jumlah visitor yang melimpah akan ada vendor aplikasi atau yang lainnya yang akan menghubungi Anda kelak.

8. Mulai Mempercantik Blog
Hal yang satu ini sebenarnya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula, tapi ada baiknya jika dilakukan asal tidak berlebihan. Anda dapat mengganti template atau tampilan blog sobat dengan yang lebih bagus, memasang gadget atau widget agar semakin indah dipandang, dan sebagainya. Namun harus diingat! jangan sampai berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template, tema atau tampilan yang akhirnya menghabiskan banyak waktu saja.

Demikian tips rahasia blogger yang dapat kami rangkai dalam artikel ini. Semoga bermanfaat buat Anda yang telah membaca dan mempraktekkannya.
...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »