Digital Marketing, Profesi Yang Lagi Trendy di Tahun Ini

21.58
Profesi apa yang juga hot di tahun 2018 ini? Salah satunya adalah Digital Marketing...

Kamu mungkin sudah gak asing lagi kan sama pekerjaan digital marketing? Di abad 21 era milenial memang menjadi salah satu era revolusi digital dimana banyak orang menggunakan sarana internet sebagai salah satu langkah inovatif dalam hal penjualan dan perdagangan. Nah hal ini menuntut para marketing profesional harus sekali lagi belajar menjadi seorang digital marketing dan harus belajar dari nol lagi.


Nah Agar kamu ngak ketinggalan sama profesional digital marketing lainnya, kamu mulai dari sekarang harus mempersiapkan fundamental marketing kamu, sehingga jika kamu ingin menjadi seorang digital marketing, kamu sudah siap karena kamu telah mempelajari ilmu fundamental dan soft skill dari perkerjaan digital marketing ini.

Memang berkat teknologi yang berkembang pesat, Pekerjaan Digital Marketing kini menjelma menjadi profesi yang banyak dicari. Sebenarnya, apakah pekerjaan Digital Marketing itu? dan mengapa setidaknya kamu harus mengetahui dan bahkan tak ada salahnya untuk mempelajarinya. Simak selengkapnya, disini!

Pekerjaan Digital Marketing? Apa itu Digital Marketing?


Seperti yang sudah kita bicarakan diatas, perkembangan teknologi menjadi suatu faktor berkembangnya Digital Marketing saat ini. Dimana, konsumen tak lagi hanya dapat berbelanja secara konvensional, seperti bertatap muka dan mengunjungi gerai (offline). Namun, kini mereka pun dapat melakukannya bahkan langsung dari genggaman gadgetnya. Untuk menjangkau para konsumen di dunia online inilah proses Digital Marketing mutlak diperlukan.

Lantas, apa sebenarnya pengertian Digital Marketing?. Secara garis besar, Digital Marketing adalah suatu proses / usaha untuk mempromosikan produk / layanan dengan menggunakan media digital, agar dapat menjangkau konsumen secara real time, personal dan relevan.

Apasih tugas utama pekerjaan Digital Marketing itu?

Nah, setelah memahami secara garis besar mengenai pengertian Digital Marketing, kemudian apasih pekerjaan Digital Marketing itu?

Pekerjaan Digital Marketing sendiri memiliki berbagai proses dan teknik yang kompleks. Tak heran, jika pekerjaan ini mampu meraup untung berlimpah dan banyak dicari saat ini.

Secara garis besar, pekerjaan Digital Marketing bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produknya secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, Video Marketing, dll.

Orang yang menangani segala macam kebutuhan Digital Marketing tersebut dapat disebut juga sebagai seorang Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist.

Lalu, apa saja pembagian jobdesc pekerjaan Digital Marketing yang sering digunakan?

Secara garis besar, orang yang menangani pekerjaan Digital Marketing memang dapat disebut sebagai seorang Digital Marketing Manager atau Digital Marketing Specialist. Namun, ada beberapa jobdesc yang akan sering kita temui, antara lain.

Digital Strategist
adalah seorang yang bertugas untuk memikirkan dan mengkonsep ide campaign marketing di ranah digital secara keseluruhan.

Social Media Strategist
adalah seorang yang bertugas untuk mengkonsep dan merancang distribusi content campaign marketing di social media.

Social Media Specialist
adalah seorang yang bertugas untuk memelihara dan meningkatkan engangement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian content di social media.

SEO Specialist
adalah seorang yang bertugas untuk mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine.


Apa yang harus kita lakukan dan pelajari agar menjadi Digital Marketing?

Setelah memahami apa pekerjaan Digital Marketing, pembagian jobdesc didalamnya. Kemudian, bagaimana jika kita tertarik untuk bergelut di dunia Digital Marketing? apa yang harus kita lakukan?. Untuk bergelut di bidang Digital Marketing, paling tidak ada beberapa skill dasar yang harus kita miliki. Baca, skill dasar yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang Digital Marketing, DISINI

Selain skill dasar yang harus kita pelajari, tak ketinggalan sertifikasi Digital Marketing pun tak boleh ketinggalan. Karena, dewasa ini sertifikasi Digital Marketing dibutuhkan sebagai pengakuan kompetensi Digital Marketing yang kita miliki. Juga, untuk menunjang karir Digital Marketing yang sedang kita geluti. baca, sertifikasi Digital Marketing yang harus kamu miliki dalam pekerjaan Digital Marketing, DISINI

Tak ketinggalan, sebagai seorang Digital Marketing, kita juga harus menguasai berbagai tools Digital Marketing dasar yang akan membantu pekerjaan kita. baca, tools Digital Marketing dasar yang harus kamu tau, DISINI

Nah, itu dia serba–serbi pekerjaan Digital Marketing untuk kamu yang tertarik bergelut di bidang ini. Sekarang, apakah kamu siap untuk menjadi seorang Digital Marketing handal?. Untuk Sobat Jagoan yang sedang berkarir di dunia Digital Marketing, feel free untuk bertukar pikiran di kolom komentar.

☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀ ☀
sumber : blog jagoanhosting.com
...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »